I come just to be me, not to prove anything..
Aku pernah terjatuh, aku pernah berlari terlalu kencang, aku pernah merangkak, dan aku pernah terbangun lagi, aku pernah marah, aku pernah sedih, pernah juga menangis, aku pernah kecewa, aku pernah menyesal, aku pernah merasa "buta", aku pernah merasa "tuli", namun aku yakin bahwa DIA tidak akan pernah meninggalkanku.



"you're the answer of my pray
the reason i believe in love
my dreams came true because of you
through weakness and strength,

happiness and sorrow for better the worse,
i will love you with every beat of my heart
ever and after..."





Kamis, 31 Maret 2011

cinta arai kepada zakiah : cinta sejati ataukah obsesi ?

Arai, sejak SMA telah menemukan cinta sejatinya: Zakiah Nurmala. Zakiah adalah nafas hidupnya. Telah banyak tercipta puisi untuknya. Ia bahkan belajar bermain gitar — dengan suaranya yang mengerikan — dan menyanyikan lagu di depan jendela Zakiah. Namun sayangnya, ia ditolak mentah-mentah dengan cara yang cukup mengerikan juga. Cintanya bertepuk sebelah tangan. Tapi hebatnya, ditolak berkali-kali, ia pantang menyerah. Ia seperti tak mempedulikan kenyataan bahwa Zakiah nyata-nyata menolaknya, bahkan membencinya. Baginya, ungkapan rasa benci dan muak itu adalah satu bentuk cinta Zakiah kepadanya.

Pada malam ulang tahun Zakiah, Arai menelepon dari Prancis dengan kartu telepon internasional yang didapat dengan susah payah. Hanya sekedar mengucapkan selamat ulang tahun. Malang baginya, Indonesia masih jam dua pagi ketika ia menelepon. Bukan ucapan terima kasih yang ia dapatkan, malah dampratan keras dari Zakiah. Hebatnya, Arai masih bisa berkata, “Ikal, Zakiah masih mencintaiku!”

Saat perayaan kematian Jim Morisson, vokalis The Doors favorit Arai, ia membacakan puisi khusus untuk Zakiah di pusara makamnya. Puisinya menyayat hati. Sangat sedih. Sebuah keputusasaan, kenapa Zakiah tak kunjung membalas cintanya.

*

Apakah ini cinta sejati, ataukah obsesi? Apa beda cinta dengan obsesi dan keinginan untuk memiliki? Dua hal yang memiliki batas yang sangat tipis bahkan area abu-abu seperti halnya benci dengan cinta. Apakah Arai benar-benar mencintai Zakiah? Ataukah Arai ingin Zakiah menjadi miliknya? Kalau Arai cinta Zakiah, kenapa ia tidak menghormati keputusan Zakiah dengan menerima penolakannya? Ataukah memang seharusnya seperti itu wanita diperlakukan? Dikejar-kejar sampai ia kehabisan nafas dan akhirnya menyerah.

Curhat mode: on

Karena batas yang tipis antara cinta dan obsesi lah, saya kadang benci untuk mencinta. Saya lebih suka tidak ada perasaan cinta (dalam konteks: ingin menjadikan kekasih) dalam sebuah hubungan. Saya bahkan lebih suka jika tahu bahwa yang sedang saya ajak bicara sudah tidak available lagi (bahasa Friendster: In A Relationship) karena saya tidak mungkin jatuh cinta padanya. Dengan demikian, saya akan menjadi lebih tulus.

Saya lebih suka menyayangi dengan tulus. Kalau saya berusaha baik padanya, itu karena saya menyayanginya dengan tulus, tanpa tedeng aling-aling. Orang Jawa memiliki falsafah: nandur wohing pakarti – Menanam kebajikan. Satu filosofi yang diajarkan oleh Ibu saya. Ketika kita berbuat baik terhadap orang lain, buah kebaikan kita pasti akan kembali. Tidak selalu kembali dari orang yang kita tolong, tetapi orang lain yang berbuat baik kepada kita. Bahkan buah itu mungkin tidak kembali kepada kita, tetapi kepada anak-anak dan keturunan kita.

Ada perasaan benci ketika saya harus memutuskan untuk jatuh cinta. Dalam konteks: ingin menjadikan kekasih. Saya benci karena tak yakin lagi, apakah saya baik kepadanya memang benar-benar tulus ataukah menyembunyikan pamrih supaya ia menerima saya. Apakah nanti ketika setelah ditolak, saya akan tetap baik kepadanya?

Bukan perkara gampang untuk berusaha tetap tulus ketika kita mengetahui bahwa kita ternyata telah bertepuk sebelah tangan. Saya sudah mengalami hal ini bertahun-tahun dan merasa tetap belum lulus dari ujian-ujiannya. Oleh karena itu, di suatu kekecewaan di bulan September 2010, saya memutuskan untuk melarikan diri. Maaf. Bukan apa-apa, karena saya belum siap.

Nanti, ketika akan datang lagi sebuah kekecewaan baru, saya harus melakukan apa? Yang saya harapkan adalah, saya tidak lari lagi. Saya tetap bisa tulus. Seperti karang di pantai, dihajar ombak berkali-kali tetap kokoh tegak berdiri. Doa saya, persis seperti, batang daun akan tetap kokoh bertahan menopang hingga ada kuncup daun baru lagi, lagi, dan lagi, hingga salah satu kuncup itu akan berkembang menjadi sebuah melati yang menebarkan aroma wangi.

Someday, A New Day will come to me… and I’m sure for that! :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar